Cara Aktifkan Refresh Rate Ultra 120 FPS di Mobile Legends (Semua HP)

HP kamu tidak bisa main game mobile legends dengan settingan refresh rate ultra ? Coba cara ini!
refresh rate mobile legends

Besti.ID – Salah satu cara agar dapat bermain dengan grafik smooth di game mobile legends adalah dengan mengatur refresh rate pada menu pengaturan.

Pernah kan pas lagi main mobile legends apalagi mode ranked tiba-tiba hp lag, patah-patah padahal sinyal lagi bagus? Nah bisa saja refresh rate ini adalah solusinya.

Fitur refresh rate yang sebelumnya bernama high frame rate mode ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menaikkan serta menurunkan frame per second (FPS) pada game mobile legends. Semakin tinggi fps yang kamu pilih maka tampilannya juga akan lebih halus, Begitu juga sebaliknya.

Pada updatetan terbaru ini, umumnya kamu akan melihat 2 jenis refresh rate saja yang dapat kamu gunakan. Pertama settingan rendah yaitu 30 FPS dan tinggi yang berarti 60 FPS.

Namun spesial untuk hp yang mendukung layar 120hz, Moonton memberikan tambahan settingan refresh rate yakni super (90 FPS) dan tertinggi adalah ultra (120 FPS) di game mlbb karena memang hp tersebut dapat menggunakan fitur ini dan sesuai minimum spesifikasi.

Cara Aktifkan Refresh Rate Ultra di Mobile Legends

ultra refresh rate mobile legends

Secara default aplikasi game mobile legends, kamu akan diberi settingan refresh rate rendah. Oleh karena itu penting untuk mengaturnya agar sesuai dengan spek hp kamu sehingga dapat bermain dengan lancar.

Berikut cara mengaktifkan refresh rate ultra di game mobile legends :

  1. Buka game mobile legends.
  2. Di lobby game, Tap ke menu pengaturan atau ikon gear di pojok kanan atas layar.
  3. Pada bagian pengaturan dasar ubah refresh rate menjadi tinggi, super atau ultra.
  4. Jangan lupa restart game mobile legends untuk memperbarui perubahan settingan tersebut.

Sekarang untuk melihat apakah fps kamu sudah berada di settingan refresh rate ultra, silahkan cek angka fps pada tab fitur game turbo di smartphone xiaomi. Untuk itu, Aktifkan game turbo terlebih dahulu.

Perlu kamu ketahui tidak semua hp android yang membuka fitur ultra di bagian refresh rate, Beberapa smartphone hanya mentok di settingan tinggi, dan super.

Oleh karena itu jika di hp kamu belum ada refresh rate super maupun ultra, bisa saja hp kamu tidak support 120 hz. Cek daftar hp android yang mendukung mode high frame rate mobile legends di bawah ini.

HP Android Support Refresh Rate Ultra

HP Android Support Refresh Rate Ultra

Belum ada keterangan pasti dari moonton terkait hp apa saja yang bisa menggunakan refresh rate super dan juga ultra.

Namun kebanyakan di hp layar 120hz muncul settingan ultra, untuk 60hz kami belum menemukan pengaturan tertinggi refresh rate tersebut.

Berikut ini deretan smartphone yang support refresh rate ultra untuk bermain game mobile legends, Dari daftar yang ada sebagian besar dimiliki oleh brand xiaomi.

  1. Xiaomi Poco X3 NFC
  2. Xiaomi Poco F3
  3. POCO X3 GT
  4. Iphone 12
  5. Realme 6
  6. Iphone XR ke atas
  7. Xiaomi Poco X3 Pro
  8. Realme 8i
  9. OPPO Reno5 F
  10. Infinix Note 10 Pro mentok refresh rate super
  11. Xiaomi Poco M3 Pro 5G
  12. Xiaomi Redmi 9T 
  13. Redmi Note 10 Pro

Meskipun begitu, ada juga yang tidak dapat menaikkan refresh rate sampai ke ultra meskipun hpnya sudah mendukung 120hz seperti hp aquos r3 igzo panel, realme 8i, black shark 4, reno 4, redmi note 11, note 10 pro, vivo y91 dan realme GT yang mentok di settingan tinggi maupun super.

Beberapa player mlbb di sosial media berpendapat bahwa bisa saja refresh rate ultra tidak muncul karena software dari brand hp tersebut tidak mendapatkan pembaruan.

Lalu apakah hp kamu ada dalam daftar di atas? Jika tidak cek settingan refreshnya secara manual langsung di dalam game mobile legend.

Cara Unlock Refresh Rate Ultra di Semua HP Android

Cara Unlock Refresh Rate Ultra di Semua HP Android

Mengingat tidak semua hp support refresh rate mobile legends ultra, maka disini kami akan memberikan cara alternatif yang sudah kami praktekkan sebelumnya untuk unlock settingan tersebut dan dijamin work.

Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu tetap dapat mengubah refresh rate ke ultra dengan cara berikut ini :

  1. Download dan install aplikasi ZArchiver di hp.
  2. Masuk ke folder Android > Data.
  3. Tap dan tahan pada folder com.mobile.legends lalu pilih rename.
  4. Tambahkan angka 1 di belakang menjadi com.mobile.legends1 untuk melakukan backup.
  5. Hapus data aplikasi game mobile legends.
  6. Buka aplikasi ZArchiver kembali dan rename lagi dengan menghapus angka 1 pada folder sebelumnya menjadi com.mobile.legends.
  7. Jalankan game mobile legends dan Tunggu proses download pembaruan data.
  8. Di halaman pengaturan, kamu akan menemukan settingan refresh rate ultra.
  9. Selesai.

Entah apa yang sebenarnya terjadi, apakah ini bug dari mobile legends atau tidak, bagaimana menurut kamu?

Dari beberapa tanggapan player mobile legends yang sudah mencoba cara untuk membuka refresh rate ultra ini mengatakan “Oprekkan ini berhasil dan cukup membantu, nanti akan muncul 2 ultra di refresh rate, yang satu untuk 90 fps atau super dan satu lagi 120 fps, tapi kalau hero kita lagi diam fpsnya otomatis akan turun sekitar 115-117 fps dan ini gak masalah sih.“.

Selain itu ada metode lain untuk memunculkan refresh rate ultra meskipun hp kita belum support dengan menggunakan modul magisk, aplikasi xinstaller dan aplikasi bernama taichi. Mungkin akan kami buatkan panduan terpisah untuk bagian ini.

Kelebihan dan Kekurangan Refresh Rate Ultra

Sebelum mencoba lebih jauh apalagi oprek hp sana sini dan ternyata tidak worth it sama sekali, Disini kami akan membagikan kelebihan dan kekurangan settingan refresh rate ultra sejauh pengalaman kami.

Kelebihan atau keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika merubah refresh rate yang biasanya rendah atau tinggi ke ultra adalah tampilan grafik yang sangat smooth baik dari pergerakan hero, tampilan skin, suara, sensitivitas, kepekaan dan yang lainnya.

Tetapi kekurangannya refresh rate ini akan memakan daya baterai yang cukup banyak, Jadi konsumsi baterai menjadi lebih boros dan hp cepat panas dibandingkan settingan di bawahnya.

Inilah alasan kenapa moonton tidak memberikan settingan ultra pada refresh rate di semua smartphone, Karena tidak semua hp memiliki chipset dan spek yang mumpuni.

Itulah penjelasan mengenai refresh rate di game mobile legends dan bagaimana cara mengaktifkannya. Kami sarankan untuk menggunakan settingan yang sesuai dengan spek hp kamu untuk menghindari lag maupun framedrop.