Cara Membuat Presentasi Slide PPT Secara Otomatis dari Microsoft Word

Ubah file microsoft word menjadi slide power point secara otomatis dengan cara berikut.
Presentasi Otomatis dari Microsoft Word

Besti.ID – Tahukah kamu, ternyata ada cara singkat untuk membuat sebuah presentasi secara otomatis hanya dari microsoft word. Cara ini memudahkan kamu saat detik-detik tugas dikumpulkan atau saat akan dimulainya presentasi.

Pada dasarnya Microsoft word dan Microsoft Power point itu saling berhubungan karena masih dalam satu kategori yaitu Microsoft office. Namun, untuk menghubungkan antara satu dengan yang lain kita harus tau tombol-tombol yang bisa digunakan.

Langkah-Langkah Membuat Presentasi Otomatis dari Microsoft Word

Ada 3 tahap atau tiga langkah yang bisa kamu pahami dalam membuat presentasi secara otomatis dan singkat dari document word. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1 – Membuka File Document Word

Buka terlebih dahulu file document word yang akan dibuatkan presentasi, kemudian pastikan judul dan sub judul sudah tersusun seperti membuat makalah.

memindahkan word ke ppt

Sebelumnya kita akan mengaktifkan terlebih dahulu Microsoft power point pada Microsoft word dengan cara dibawah ini :

  • Buka Menu File lalu klik tombol options
  • Selanjutnya pilih tombol “Quick Access Toolbar”
  • Lalu pilihlah “All Comment” pada kotak dialog Choose Commands From. selanjutnya scroll kebawah sampai ketemu ” send to Ms. power point” .
  • Kemudian klik send to microsoft power point tadi dan klik add lalu OK ( Klik ppt –> klik add –> OK)

Setelah selesai tahap diatas, maka akan muncul Logo send Microsoft Power Point pada Quick Access toolbar. Dengan logo ini akan memudahkan kita dalam membuat presentasi.

logo send microsoft power point di word

2 – Mengatur Heading

Selanjutnya kita mengatur heading yaitu judul dan sub judul. Pada dokumen yang ingin dibuat presentasi hendaklah sudah terbuat atau sudah dibedakan antara judul dan sub judul.

Judul dan sub judul ini sangat berpengaruh dalam pembuatan presentasi, agar kita tidak lagi membuat judul secara manual. Berikut langkah-langkahnya :

  • Untuk membuat heading (judul) blok terlebih dahulu judul perkalimat atau kata lalu klik Heading 1 yang terdapat di Menu Home pada grup Style.
  • Untuk membuat Sub heading ( Isi ) blok bagian isi kemudian klik Heading 2

Lakukanlah cara diatas hingga selesai atau akhir yang terdapat pada microsoft word .

mengatur heading presentasi ppt di word

3 – Memindahkan Document Word ke Power Point Menjadi Sebuah Presentasi

Sudah selesai cara 1 dan 2 dilakukan, maka tahap terakhir yaitu memindahkan. Cara memindahkan cukup mudah hanya dengan mengklik logo “Send to Microsoft Power Point” saja yang terdapat di Quick Access Toolbar dapat dilihat pada gambar diatas.

Tunggu hingga selesai, maka sebuah presentasi yang ingin dikumpulkan telah selesai dalam waktu singkat. Kamu hanya tinggal mengganti desain, background atau warna sesuai dengan keinginan agar tampilan presentasi kamu lebih menarik.

Dan kamu juga bisa menambahkan animasi yang sesuai dengan judul presentasi kamu agar terlihat elegan, bagus dan menjadi perhatian pada audiens.

slide power point dari microsoft word

Cara ini merupakan sebuah cara yang mudah dilakukan jika waktu kamu terbatas dalam mengerjakan sebuah presentasi. Demikianlah penjelasan cara membuat presentasi melalui Microsoft Word secara Otomatis.