Menu Transitions Pada Microsoft Power Point, Efek Perpindahan Slide

Atur transisi tiap perpindahan slide di power point lewat menu transitions.
Menu Transitions Pada Power Point

Besti.ID – Menu transitions merupakan sebuah menu yang berhubungan dengan transisi pada slide sebelumnya ke slide berikutnya di microsoft power point. Transitions sendiri artinya peralihan, dimana efek peralihan berupa efek animasi pada sebuah slide.

Di menu ini menyediakan berbagai transisi yang menarik sehingga memudahkan kita dalam mempercantik sebuah presentasi yang akan kita buat tanpa harus mendownload animasi bergerak lainnya.

Pada menu ini terdapat 2 grup dan 1 tombol untuk mengatur serta memberikan sebuah transisi, yaitu :

gambar menu transitions pada power point
menu preview pada power point

Tombol preview ini merupakan sebuah tombol yang digunakan untuk meninjau serta memainkan sebuah transisi yang terdapat di slide presentasi yang telah dibuat.

Dengan adanya tombol ini memudahkan kita untuk melihat sebuah transisi pada slide bermunculan secara bersamaan.

menu transition to this slide pada power point

Grup Transitions to this slide merupakan sebuah grup yang digunakan untuk menambahkan efek transisi atau animasi pada slide, Sehingga slide presentasi terlihat seperti hidup karena adanya efek bergerak.

Pada grup ini terdapat beberapa tombol yang memudahkan kita membuat efek animasi, yaitu :

  • All Transition, yaitu sebuah tombol pilihan yang terdapat banyak transitions atau efek animasi dan bisa digunakan pada slide.
  • Effect options, yaitu berfungsi untuk mengubah transisi sebelumnya ke variasi transisi yang dipilih kembali. Effect options terdapat beberapa model yaitu : From Right, from top, from left, from bottom, from top – right, from bottom – right, from top-left dan from bottom-left
menu timing pada power point

Grup timing adalah grup yang mengatur durasi dari efek yang diberikan pada slide, tidak hanya efek transisi tapi juga efek suara yang telah diberikan pada slide.

Grup timing terdapat beberapa tombol yaitu :

  • Sound yaitu memilih suara untuk diputar selama transisi yang dipilih pada slide sebelumnya dengan slide saat ini.
  • Duration yaitu memilih dan menentukan panjang pendeknya durasi transisi
  • Apply to all yaitu untuk mengatur transisi antara semua slide dalam presentasi menjadi seperti transisi yang telah di atur untuk slide saat ini.
  • Advance slide terdapat 2 bagian yaitu on mouse click yang berfungsi jika tanda ceklis ada maka perpindahan ke slide berikutnya dengan perintah klik. Sedangkan After yaitu berfungsi untuk memindahkan slide berikutnya secara otomatis dengan menggunakan durasi yang kita sendiri tentukan waktu durasinya pada slide sebelumnya.

Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian yang terdapat pada Menu Transitions beserta fungsinya pada microsoft power point. Menu animation dan transitions juga berhubungan yang membuat presentasi lebih menarik.

Baca selengkapnya tentang menu yang ada di power point lainnya : Ketahui Menu Apa Saja yang Ada di Microsoft Power Point dan Fungsinya.