Fungsi Lengkap Menu References Pada Microsoft Word Beserta Gambar

Selain membuat daftar isi otomatis, berikut ini fungsi dari tiap menu yang ada di tab references microsoft office word.
menu references microsoft word

Besti.ID – Menu references merupakan menu yang kelima terdapat pada Microsoft Word. Dimana menu ini berfungsi untuk membuat daftar isi, referensi, kutipan, judul dan yang lainnya menggunakan tombol yang sudah disediakan pada menu ini.

Pada menu ini terdapat 6 grup yang mempunyai tombol yang berbeda – beda. Berikut penjelasan dari masing-masing grup pada menu references ini.

gambar menu references di microsoft office word
grup table of contents di microsoft word

Grup table of contents berfungsi dalam mengatur daftar isi kedalam bentuk format yang telah disediakan oleh Ms. Word. Fungsi tombol pada Grup ini adalah :

  • Table of Contents, berfungsi untuk membuat daftar isi secara otomatis
  • Add text, berfungsi untuk menambahkan tulisan didalam paragraf serta membuat daftar isi dari paragraf tersebut secara otomatis dengan menentukan level yang diinginkan.
  • Update Table, berfungsi sebagai memperbarui daftar isi yang telah disimpan baik melakukan perubahan secara manual maupun otomatis.
menu grup footnotes di microsoft word

Grup footnotes yaitu mengelola atau menambahkan serta mencantumkan rujukan atau catatan kaki dengan berbagai model menggunakan tombol yang sudah disediakan tanpa harus manual. Berikut fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada grup footnotes :

  • Insert Footnote, yaitu untuk membuat catatan kaki atau menambahkan rujukan yang terdapat pada bawah halaman.
  • Insert Endnote, yaitu menambahkan rujukan catatan yang terletak pada akhir dokumen,
  • Next Footnote, yaitu berpindah serta memantau endnote dan footnote yang ada di dokumen secara berurutan.
  • Show Notes, yaitu menampilkan tata letak footnote dan endnote yang sudah ditambahkan sebelumnya.
menu grup citations & bibliography di microsoft word

Grup Citation & Bibliography merupakan sebuah grup untuk mengelola serta menyisipkan kutipan langsung. Berikut adalah fungsi icon-icon yang sering digunakan dalam membuat kutipan :

  • Insert Citation, yaitu membuat serta menambahkan kutipan secara langsung dan terletak pada bagian kursor yang aktif.
  • Manage Sources, yaitu mengatur semua sumber kutipan yang ada maupun yang telah ditambahkan sebelumnya pada dokumen Ms. Word yang sedang aktif.
  • Style, yaitu menentukan gaya atau model penulisan pada kutipan langsung sesuai dengan kebutuhan.
  • Bibliography, yaitu membuat tulisan bibliografi dan referensi sesuai format penulisan,
menu grup captions di microsoft word

Grup caption berfungsi membuat tulisan berbentuk format judul dan sub judul serta menambahkan keterangan pada gambar agar dokumen yang kita buat terlihat menarik dan juga dipahami. Fungsi tombol pada grup caption yaitu :

  • Inset Caption, yaitu menambahkan keterangan pada objek atau gambar yang telah dibuat.
  • Table of figures Dialog, yaitu menambahkan tabel gambar kedalam dokumen.
  • Update Table of figures, yaitu memperbarui tabel gambar untuk memasukkan semua kedalam daftar dokumen.
  • Cross-References, yaitu memperlihatkan item seperti judul, tabel dan gambar dengan menyisipkan referensi silang. Contohnya “lihat tabel 6 di bawah ini “
menu grup index di microsoft word

Grup Index merupakan icon yang berfungsi sebagai petunjuk atau sebuah indeks pada dokumen dengan cara memberikan sebuah tanda pada sumber yang dirujuk. berikut adalah fungsi tombol yang terdapat pada grup index :

  • Mark Entry, berfungsi untuk menyertakan sebuah tanda atau teks yang telah dipilih kedalam daftar pada dokumen
  • Insert Index, berfungsi menambahkan daftar atau indeks kata pada dokumen.
  • Update Index, berfungsi memperbarui indeks atau daftar kata yang ada pada dokumen.
menu grup table of authorities di microsoft word

Grup table of authorities merupakan sebuah icon yang digunakan untuk membuat tabel otoritas dan mengatur daftar gambar, daftar tabel, dan daftar isi kedalam otoritas, Fungsi tombol yang terdapat pada grup ini yaitu :

  • Mark Citation, yaitu berfungsi untuk menambahkan teks yang dipilih sebagai daftar dalam tabel otoritas.
  • Insert Table of Authorities, yaitu berfungsi untuk memasukkan tabel otoritas kedalam dokumen.
  • Update Table of Authorities, yaitu berfungsi untuk memperbarui tabel otoritas untuk memasukkan semua kutipan ke dalam dokumen.

Demikianlah penjelasan mengenai Menu References di microsoft word beserta fungsi tombol – tombol yang ada di menu ini. Menu ini biasanya digunakan untuk kita mengerjakan makalah dan skripsi.