Bagian-Bagian Menu di Microsoft Word Beserta Fungsinya Lengkap

Masih bingung dengan nama dan fungsi menu yang ada di microsoft office word? Pahami disini!
Menu di Microsoft Word

Besti.ID – Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengolah kata. Mungkin kamu sudah mengenal apa itu Ms. Word dan juga interface dari Microsoft Word ini meskipun masih sedikit bingung fungsi menu yang ada.

Di dalam Microsoft Word ini terdapat banyak macam menu-menu, sub menu serta icon – icon yang kita butuhkan dalam mengerjakan pengolahan kata dan bagian menu tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing.

Sebelumnya, kita harus mengetahui bagian-bagian serta fungsi-fungsi dari menu-menu yang telah tersedia di Microsoft Word ini. Pada bagian ini saya menggunakan Microsoft Word 2019 dan tidak jauh beda dengan Microsoft lainnya seperti Ms. 2007, 2010, 2013 . Alangkah baiknya kita perhatikan gambar dibawah ini !

menu di microsoft word lengkap

Bar Menu Quick Access Toolbar Pada Microsoft Word

Quick Access Toolbar atau biasa disebut dengan Toolbar akses cepat yang terletak di atas kiri jendela. Toolbar ini mempunyai 3 tombol yaitu tombol Save, Undo, Redo dan Customize Toolbal Akses .

Title Bar

Title Bar yang biasa disebut dengan baris judul merupakan bagian yang terdapat di bagian tengah paling atas saat Microsoft Word sedang di buka. Fungsi title bar yaitu untuk menampilkan nama dokumen serta menampilkan jenis dokumen yang sedang dibuka atau sedang aktif.

Seandainya, jika kita membuka dokumen baru dan belum menyimpan dokumen tersebut maka otomatis secara default dokumen tersebut bernama Document1 , Document2, Document3 dan begitu seterusnya. Selain itu, Title Bar juga berfungsi untuk memindahkan jendela Microsoft Word secara keseluruhan dengan melakukan cara drag and drop menggunakan mouse.

Letak dari Windows Management yaitu pada sudut kanan jendela. Windows management ini terdari dari 4 Tombol atau 4 sub menu yaitu Close, Restore Down, Maximize, Minimize dan Ribbon Display Option.

Ribbon merupakan sebuah kumpulan menu bar yang mempunyai tombol menu – menu perintah yang ada di Miscrosoft Word secara berkelompok berdasarkan fungsi masing-masing agar memudahkan para pengguna Ms. Word.

Fungsi Ribbon sendiri yaitu untuk mengelompokkan fitur-fitur yang ada pada Ms. Word dan kemudian di tampilkan secara sistematis agar mudah diakses. Didalam Ribbon terdapat menu- menu seperti dibawah ini :

Menu pada Microsoft Word dan fungsinya

Menu Bar

Menu Bar merupakan barisan menu utama yang terdapat pada bagian atas berwarna biru secara mendatar. Fungsi utama dari menu bar yaitu untuk mengelompokkan menu-menu yang ada berdasarkan kegunaannya.

Pada Microsoft jumlah Menu Bar berbeda-beda tergantung dari versi microsoft yang digunakan. Saat ini saya menggunakan microsoft word 2010 dimana Menu Bar nya terdiri dari 9 Menu, yaitu :

1 – File

File yaitu menu yang pertama dan berada di posisi paling kiri. Pada Microsoft Word 2007 Menu File ini biasa di sebut dengan Office Button, tetapi fungsi nya sama saja.

Pada Menu ini terdapat serangkai menu poko yang sering digunakan dalam pengolahan document seperti Save, Save as, Open, Close, Info, Recent, New, Print, Save & Send, Help, Option dan Exit.

2 – Home

Home yaitu menu yang berikutnya setelah file. Menu ini bisa diartikan sebagai beranda yang artinya banyak fungsi-fungsi yang digunakan dalam pengeditan kata. Contohnya mengatur jenis ukuran, tulisan, warna, ukuran tata letak serta lainnya.

Di dalam menu home terdapat sub-sub menu atau bagian-bagian terpecah di menu ini, seperti Sub menu Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.

3 – Insert

Insert yang artinya memasukkan, jadi fungsi menu insert ini yaitu menyisipkan konten kedalam document, contohnya seperti memasukkan gambar, tabel, Smart art, bagan, diagram, penomoran halaman, membuat rumus matematika, simbol dan lainnya.

Pada Menu insert ini terdapat beberapa sub menu yaitu Pages, Tables, Illustration, Links, Header & Footer, Text dan Symbols.

4 – Page Layout

Menu page Layout berfungsi sebagai pengaturan tata letak kertas atau dokumen seperti ukuran kertas yang digunakan, margin, kolom dan sebagainya.

Kumpulan opsi yang terdapat pada menu ini berisi sub menu yaitu Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph dan Arrange.

5 – References

Menu References merupakan menu yang digunakan untuk referensi dokumen seperti penambahan catatan, menambahkan komentar, membuat daftar pustaka, daftar isi, footnote dan lainnya.

Sub menu pada menu references ini terdapat 6 bagian yaitu Table of Content, Footnotes, Citations & Biblography, Captions, Index dan Table of Authorities.

6 – Mailings

Menu Mailing merupakan sebuah menu yang berisikan tombol perintah yang digunakan untuk manajemen surat dan email. Contohnya yaitu dalam pembuatan amplop, label dan lainnya.

Sub menu pada menu mailings yaitu Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results dan Finish.

7 – Review

Menu Review merupakan sekumpulan menu yang menampilkan pengejaaan atau berisi perintah terkait mereview tulisan seperti grammer, bahasa, spelling dan lainnya.

Sub menu yang terdapat pada menu review yaitu Proofing, Language, Comment, Tracking, Changes, Compare dan Protect.

8 – View

Menu View merupakan sebuah menu yang terdapat perintah mengenai pengaturan tampilan editor dokumen seperti menampilkan zoom, ruler, zoom dan navigation pane.

Sub menu pada menu View yaitu Document View, Show, Zoom, Window dan Macros.

9 – Tool Menu Format

Menu format ini tidak langsung muncul pada Menu Bar, hanya saja akan muncul ketika kita membuat gambar persegi, lingkaran dan yang lainnya menggunakan insert shapes maka akan muncul Tool menu Format ini.

Fungsi Tool ini yaitu untuk memodifikasi pada bagian seperti gambar, tabel dan lainnya. Jika kita tidak membuat gambar atau tabel maka tool ini tidak akan ada ataupun muncul. Sub Menu Format yaitu Insert Shapes, Shape styles, Word Art Styles, Text, Arrange dan Size.

Tombol Pembuka Dialog Box

Tombol pembuka Dialog Box ini berfungsi untuk menampilkan BOX pada sebelah kiri lembar kerja yang menampilkan beberapa menu perintah.

Ruler

Ruler atau penggaris adalah fitur yang digunakan untuk mengukur halaman yang memiliki fungsi dalam mengatur tata letak halaman baik berupa teks ataupun objek seperti tabel, gambar dan sebagainya. Dengan adanya fitur ini kita bisa bisa dengan mudah mengetahui serta mengatur jarak batas halaman, teks, tabulasi dengan tepi halaman serta dengan objek lainnya.

Kursor

Kursor berupa garis tegak dan berkedip-kedip yang terdapat pada halaman lembar kerja. Sebelum kita menulis pada lembar kerja atau lembar dokumen, kursor ini berada di sebelah kiri dan tata letak kursor ini bisa berpindah sesuai kebutuhan kita dengan cara mengklik tombol menu yang terdapat pada salah satu Menu Bar atau bisa dengan menggunakan shortcut yang terdapat pada Microsoft Word dan juga bisa hanya menggunakan mouse kearah yang dibutuhkan seperti atas bawah dan kanan kiri.

Fungsi Kursor ini untuk menunjukkan tata letak atau posisi saat sedang pengetikan berlangsung atau bisa dikatakan sebagai interaksi dengan layar monitor. Ketika kita mengetikkan sesuatu teks contohnya “Sekolah” maka teks tersebut akan muncul tepat pada posisi kursor tersebut.

Worksheet

Worksheet merupakan sebuah lembar kerja yang berupa halaman putih. Setiap awal kita membuat dokumen baru maka akan ada lembar kerja berwarna putih dan juga terdapat kursor didalamnya.

Worksheet ini berfungsi sebagai tempat pengetikan, menambahkan gambar dan tabel, mengedit serta pekerjaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kita. Didalam Worksheet ini kita bisa menampilkan berbagai macam bentuk dengan menggunakan tombol menu bar.

Status Bar

Status Bar terletak di bagian kiri paling bawah pada jendela Microsoft Word. Status Bar berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai perintah – perintah yang sedang aktif pada saat dokumen sedang dibuka. Informasi yang terdapat pada Status Bar yaitu :

  • Page 1 of 1 yaitu berfungsi menampilkan jumlah total halaman yang sedang dibuka atau ditampilkan dan juga menunjukkan pada halaman berapa kursor kita berada serta aktif.
  • Words…. yaitu berfungsi menampilkan jumlah kata yang sedang kita ketik atau yang sudah ada pada lembar dokumen tersebut.
  • Indonesian berarti pada lembar dokumen tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Namun, kita bisa menggunakan bahasa lain seperti english atau yang lainnya pada Microsoft Word. Hal ini sebagai pengejaan kata (spelling) pada teks yang sedang diketik.

Page View di Microsoft Word

Page View biasa disebut dengan tampilan halaman yaitu bagian jendela yang terletak paling bawah sebelah kanan Ms. Word tepatnya bersebelahan dan sejajar dengan Status Bar. Tampilan yang terlihat pada layar itu merupakan tampilan print layout.

Toolbar Page View terdiri dari 5 jenis pilihan tampilan dan masing-masing jenis tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan kita yaitu Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline, Draft dan Zoom Out dan Zoom In.

Bagaimana penjelasan diatas ? Mungkin kamu sudah pernah mengetahui atau tau icon dan menu nya, namun kamu tidak tau nama serta fungsinya. Maka dari itu perlunya kita mengetahui semua yang ada di Microsoft Word agar kita lebih mahir dalam penggunaannya..