Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game Mobile Legends

Selain spesifikasi smartphone, Penyebab hp cepat panas saat main ML adalah settingan di dalam game. Sesuaikan dengan cara berikut!
HP Panas Main ML

Besti.ID – Main game online yang berat terutama mobile legends di hp dengan spesifikasi rendah dapat mempengaruhi kinerja hp tersebut seperti terasa cepat panas dan boros baterai.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor misalnya dari hardware seperti ram, penyimpanan internal, chipset maupun software atau sistem yang terinstall di smartphone.

Sama halnya dengan game offline lainnya di smartphone android atau ios, meskipun kamu bisa memainkannya tanpa koneksi internet. Spesifikasi dari hp kamu perlu dipertimbangkan sebelum menginstall aplikasi atau game apapun, apalagi ukuran dari aplikasi game offline yang biasanya lebih besar.

Bagi kamu player game mobile legends, maka kamu harus memenuhi seluruh minimum spesifikasi pada smartphone yang layak untuk menginstal dan memainkannya.

Cara yang paling mudah untuk mengetahuinya, jika kamu mengalami banyak masalah saat bermain game mlbb seperti suhu hp menjadi panas, lemot, lag, bahkan aplikasi berhenti sendirinya atau force close itu artinya hp kamu tidak direkomendasikan untuk bermain game ml.

Tapi kamu jangan khawatir, Kabar baiknya moonton sebagai developer game mobile legends menyediakan settingan khusus smartphone kelas low end atau memiliki ram yang kecil. Ikuti caranya berikut ini!

Penyebab HP Cepat Panas Saat Main Mobile Legends

Khusus buat kamu yang awam banget dalam hal teknis sistem smartphone, maka kamu wajib untuk mengetahui apa saja hal yang perlu kita lakukan pada hp kita jika terdapat banyak aplikasi maupun game yang berjalan.

Semua ini harusnya dilakukan secara berkala dan sangat penting untuk hp dengan spek rendah, namun untuk hp range mid-end atau high end yang mempunyai spek tinggi tidak terlalu perlu merisaukannya.

Berikut ini penyebab dan solusi buat hp yang cepat panas ketika main game ML dari sisi hardware dan software smartphone :

  1. Bermain game sambil charging atau mengisi daya baterai. Ini dapat menyebabkan hp framdrop, lag atau crash karena pengisian baterai tidak stabil. Pastikan juga charger hp yang digunakan original.
  2. Ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Matikan semua aplikasi yang tidak dibutuhkan ketika memainkan game mobile legends, di hp xiaomi kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui fitur game turbo.
  3. Memiliki banyak file sampah. Hapus semua file, cache, thumb, dokumen, aplikasi, video, screenshot atau seluruh berkas yang tidak penting untuk memperluas ruang penyimpanan. Gunakan aplikasi pembersih bawaan atau download di playstore atau appstore.
  4. Koneksi sinyal atau jaringan yang tidak stabil. Mobile legends adalah salah satu game online yang memerlukan koneksi internet yang stabil, untuk itu pastikan jaringan yang digunakan baik data seluler atau wifi berjalan dengan lancar.
  5. Banyak fitur yang tidak penting sedang aktif. Matikan semua fitur di hp android atau ios yang jarang digunakan seperti kecerahan otomatis, NFC, Bluetooth, GPS lokasi, mode getar, dan lainnya agar memperingan kinerja CPU smartphone.
  6. Spesifikasi Smartphone. Sebelum menginstall game mobile legends, ketahui minimum requirements atau spesifikasi yang dibutuhkan seperti minimal ruang penyimpanan untuk aplikasi game dan lainnya, cara nya bisa melalui google playstore. Game ML dapat dimainkan pada versi android 4.1 ke atas.
  7. Update semua aplikasi sistem atau aplikasi yang terinstall dengan versi terbaru, Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi celah bug yang ada pada sistem. Contohnya aplikasi keamanan dan google play games.
  8. Settingan mlbb tidak sesuai spek hp. Jangan lupa untuk mengatur settingan di dalam game mobile legends sesuai dengan spesifikasi dari smartphone.

Mungkin itulah beberapa faktor penyebab hp kamu cepat panas dalam memainkan game moba 5vs5 ini, Silahkan update juga aplikasi game mobile legends untuk menggunakan versi terbaru.

Ada juga aplikasi pendingin hp yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi hp yang cepat panas dalam bermain game mobile legends, Silahkan gunakan salah satunya.

Settingan Mobile Legends Untuk HP yang Cepat Panas

Secara default pada saat menginstal aplikasi game mobile legends untuk pertama kali, kamu akan diberikan settingan sesuai dengan spesifikasi smartphone atau rata kiri untuk hp kelas rendah.

Oleh karena itu, di pengaturan game mobile legends ini tidak boleh kamu sepelekan karena berdampak cukup besar dalam pengalaman bermain nantinya.

Cara ini bisa kamu sesuaikan pada merek hp lain seperti oppo, vivo, xiaomi, samsung, realme, infinix, asus, dan brand smartphone populer di indonesia lainnya tergantung dengan masing-masing spesifikasi yang dimiliki.

Pengaturan yang ada di game mobile legends sebenarnya ada banyak, namun disini kami hanya memperlihatkan beberapa settingan yang perlu di sesuaikan agar hp tidak cepat panas dan baterai menjadi lebih hemat.

1. Pengaturan Grafis

kenapa main ml hp panas

Di menu dasar terdapat pengaturan grafis yang paling berperan besar dalam kinerja smartphone saat memainkan game mobile legends.

Silahkan matikan fitur yang dianggap tidak penting seperti mode getar, outline, bayangan, mode hd atau ikuti settingan rekomendasi dari kami.

Yang perlu diperhatikan pada bagian grafis usahakan setting yang paling rendah saja, tetapi refresh rate yang berfungsi mengatur besarnya fps (frame per second) ganti ke tinggi dan di atasnya bisa super maupun refresh rate ultra yang akan muncul jika hp kamu support 120hz.

2. Pengaturan Jaringan

speed mode mobile legends

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, salah satu mengapa hp menjadi cepat panas saat main ml diantaranya karena kondisi jaringan yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal tersebut, menu pengaturan jaringan ini adalah solusi yang tepat.

Ada 2 opsi yang bisa kamu atur dalam pengaturan jaringan mobile legends, pertama speed mode yang berguna untuk menstabilkan jaringan meskipun dengan sinyal yang buruk, dan peningkatan jaringan untuk mode dual dengan jaringan wifi.

Hidupkan speed mode dan cek apakah pergerakan hero, atau efek dalam game terlihat smooth atau lag. Cek juga ping yang ada dan usahakan berwarna hijau atau setidaknya kuning asalkan bukan merah. Jika mode ini tidak berpengaruh kamu bisa mematikannya.

Mode peningkatan jaringan di game mlbb sepengalaman saya cukup membantu, untuk mengaktifkan mode ini kamu wajib menggunakan jaringan wifi dan data seluler sekaligus. Setelah itu game akan mendeteksi 2 buah sumber jaringan dan akan mengalihkan 1 dengan lainnya untuk memakai sinyal yang paling baik.

3. Menu Deteksi Jaringan dan Cek Resource

pengaturan jaringan mobile legend

Fitur yang masih dibilang baru dirilis pada game mobile legends adalah terdapatnya menu deteksi jaringan dan cek resource, Ini memungkinkan player untuk mengetahui tipe jaringan, kekuatan sinyal, dan ping atau delay jaringan dalam satuan ms yang saat ini digunakan.

Selain itu, di menu ini kamu juga bisa membersihkan file cache khusus aplikasi game mobile legends dan menghapus file bertumpuk tanpa perlu melakukannya secara manual.

Jika solusi di atas tidak membantu, hp kamu tetap panas jika bermain game mobile legends. Kamu bisa mengeceknya dengan memainkan game lain, apabila masih mengalami hal yang sama maka bisa dipastikan masalahnya terletak pada smartphone kamu bisa dari spek hardware maupun versi atau bug dalam software.