Cara Membuat Flowchart di Microsoft Word yang Benar dan Cepat

Berikut tahapan-tahapan membuat flowchart dengan mudah dan cepat di microsoft word.
Cara Membuat Flowchart di Word

Besti.ID – Flowchart merupakan alur jalannya sebuah program, struktur dan sebagainya. Membuat flowchart ini bisa melalui Microsoft word. Namun, jika membuat di Microsoft word pembuatan flowchart masih secara manual, yaitu dengan cara membuat kotak satu persatu.

Ada beberapa tombol yang bisa kamu gunakan di Microsoft word untuk membuat Flowchart secara otomatis seperti bagan dan struktur organisasi yaitu tombol SmartArt dan juga Chart.

Dalam pembuatan flowchart kita cukup menggunakan menu insert dan tombol shapes. Disana terdapat banyak shape yang bisa digunakan seperti persegi, lingkaran dan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat flowchart.

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Word

Hal yang paling penting dari struktur flowchart yaitu bentuk kotak dan juga garis panah lurus yang akan menjelaskan sebuah alur. Oleh karena itu berikut ini cara membuatnya di microsoft word.

1 – Membuat Kotak

membuat kotak flowchart di microsoft word

Dalam Sebuah flowchart terdapat kotak yang didalamnya terdapat nama-nama yang ditujukan. Untuk itu kita membutuhkan kotak agar bisa membuat sebuah flowchart dengan menggunakan Menu Insert.

  • Klik menu insert –> shapes –> pilih kotak yang terdapat A (Text Box) atau bisa pilih bentuk persegi.
  • Kemudian bentuk kursor menjadi seperti tanda + , lalu tarik tanda tersebut di lembar halaman kerja. Kamu juga bisa mengatur ukuran kotaknya dengan cara menarik garis pada kotak.
  • Selanjutnya kamu bisa mengatur ketebalan garis kotak dengan menu format dan Buatlah kembali pembuatan kotak sebanyak yang dibutuhkan dengan cara “Letakkan panah tepat di garis kotak, lalu tekan ctrl + tarik kebawah” dan juga bisa menggunakan shortcut (CTRL + C) kemudian (CTRL + V)

Jika sudah selesai membuat jumlah kotak yang dibutuhkan, Maka selanjutnya mengatur letak posisi kotak-kotak yang sudah diisi nama.

2 – Membuat Garis Panah

membuat garis panah flowchart di microsoft word

Selanjutnya tahap kedua yaitu membuat garis untuk menghubungkan antar kotak flowchart. Garis ini berfungsi untuk mengatur alur sebuah flowchart.

  • Klik menu insert –> shapes –> pilih garis memanjang
  • Letakkan garis di bagian antara kotak-kotak dengan menekan “shift + tarik garis “ Hal ini agar pembuatan garis menjadi lurus dan rapi. Lakukan cara yang sama sampai semua garis selesai.
  • Selanjutnya membuat serta mengatur tanda panah dengan cara (Shape outline –> arrows).

Pembuatan Flowchart ini memang masih menggunakan cara manual, Namun dalam pembuatan manual kita bisa mengatur tata letak, mengedit sesuai keinginan serta mengatur besar kecilnya kolom. Pembuatan flowchart dengan cara manual diperlukan jika bentuk flowchart nya sederhana.

Tidak dianjurkan jika kamu ingin membuat flowchart yang rumit atau dalam jumlah kolom yang banyak dengan menggunakan Microsoft word yang secara manual.

Untuk itu, kamu bisa mencari situs pembuatan flowchart otomatis yang mungkin dapat membantu kamu. Demikianlah penjelasan singkat dalam membuat flowchart di Microsoft word.