Cara Membuat Angka Romawi di Halaman Microsoft Word (Semua Versi)

Buat penomoran halaman di microsoft word dengan angka romawi, ikuti caranya berikut ini!
Cara Membuat Angka Romawi di Word

Besti.ID – Cara membuat angka romawi di word bisa menggunakan page number yaitu untuk penomoran halaman. Letak angka romawi pada Word di bagian menu insert lalu page number. Untuk penulisan angka romawi sendiri bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan abjad Kapital yang ada di keyboard seperti Romawi 2 : II, Romawi 3 : III dan seterusnya.

Angka romawi merupakan sebuah sistem penomoran yang asalnya dari Roma. Pada sistem ini angka seperti 1, 2, 3 dan seterusnya diwakili oleh Kombinasi huruf Abjad kapital dan juga adanya penggunaan simbol. Angka romawi digunakan untuk BAB – BAB pada penelitian, penomoran pada buku serta waktu dan juga penomoran seri pada olimpiade. Berikut adalah cara membuat angka romawi di microsoft word !

Cara Membuat Angka Romawi Pada Microsoft Word

Biasanya pada penelitian terdapat BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV dan BAB V. Untuk buat angka romawi nya hanya mengatur angka i dan v menjadi huruf besar/Kapital. Tetapi jika untuk penomoran pada sub-sub Bab, maka kita perlu menggunakan Menu Home, yaitu :

membuat angka romawi pada microsoft word
membuat angka romawi pada microsoft word
  1. Klik Menu Home –> Lalu Klik Numbering pada grup paragraf
  2. Selanjutnya Klik Define New Number Format –> pilih angka romawi pada number style
  3. Kemudian Klik Ok

Untuk melihat penomorannya, pada halaman kerja akan muncul angka 1 Romawi, kemudian ketiklah tulisan beberapa kemudian enter, maka akan muncul selanjutnya angka 2 Romawi.

Cara Membuat Nomor Halaman Menggunakan Angka Romawi di Word

Penomoran Halaman biasanya terletak di akhir halaman atau paling bawah dan ada juga terletak di atas hal ini disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk membuat penomoran romawi sama halnya dengan penomoran pada umumnya, yaitu menggunakan Menu Insert.

membuat nomor halaman dengan angka romawi di word
  1. Klik Menu Home –> Lalu Klik Page Number pada Header dan Footer
  2. Selanjutnya klik Format Page Number –> lalu pilih angka romawi pada Number format –> Kemudian Klik OK
  3. Untuk menampilkan penomorannya, Klik page number kembali –> kemudian pilihlah Bottom of page (Plain number 3)

Lihatlah pada akhir halaman terdapat angka romawi untuk penomoran. Jika kamu ingin penomorannya terletak diatas pilihlah Top of page.

Untuk penomoran romawi ini biasanya digunakan dalam penelitian seperti kata pengantar, daftar isi dan lampiran-lampiran yang lainnya. Dalam membuat angka romawi biasanya menggunakan format seperti diatas, Agar tertata rapi.