Cara Cek Garansi Xiaomi Sebelum Melakukan Klaim (Semua Produk)

Mau cek imei xiaomi tapi dusbook hilang? Kamu bisa lakukan secara online dan melihat masa berlaku garansi dengan cara berikut.
cara cek garansi xiaomi

Besti.ID – Jika kamu baru saja membeli hp xiaomi baru ataupun dalam kondisi second (bekas), Maka kamu perlu mengetahui keasliannya apakah menggunakan garansi resmi TAM atau distributor dengan cara cek garansi xiaomi itu sendiri.

Mengapa demikian? Karena perusahaan xiaomi pada dasarnya hanya meluncurkan produk smartphonenya dengan garansi resmi dalam rentang waktu yang berbeda-beda. Tujuannya tak lain untuk mengecek kerusakan pada suatu barang sebelum akhirnya sampai ke market.

Selain itu, kamu juga harus tau bahwa tidak semua smartphone atau produk hp xiaomi yang memiliki garansi resmi dan bisa diklaim, Hal ini akan berdampak kepada IMEI pada barang yang dianggap non-resmi akan terblokir dan tidak bisa menggunakan kartu SIM dari berbagai provider atau operator di Indonesia.

Jika kamu belum pernah mengecek garansi hp xiaomi kamu, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara. Salah satunya yaitu mengetahui masa aktif garansi secara online. Cara ini berlaku untuk semua seri xiaomi seperti redmi, note, poco, pad 5 dan sebagainya.

Syarat dan Ketentuan Garansi Xiaomi

Sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan serta kebijakan apa saja yang perlu dipahami terkait garansi xiaomi.

  1. Barang elektronik atau aksesoris dengan brand xiaomi memiliki masa aktif garansi paling lama 1 tahun. Contohnya diantara lain adalah : mi band strap, powerbank, charger, battery, dan sebagainya.
  2. Pada smartphone xiaomi biasanya memiliki masa berlaku garansi maksimal 2 tahun seperti baterai hp, kabel data, charger dan yang lainnya. Untuk meklaim garansi pada produk hp xiaomi kamu memerlukan beberapa dokumen penting yang harus disiapkan sebelumnya yaitu nota pembelian, imei dan juga kartu garansi.
  3. Sebelum mengklaim garansi untuk hp xiaomi kamu, Hanya beberapa kerusakan yang bisa kamu ajukan untuk klaim garansi seperti masalah pada layar hp, cacat dari segi hardware maupun software, dan error lainnya.
  4. Masa aktif garansi xiaomi berlaku pada saat pertama kali menggunakan atau membeli produk tersebut. Jika sesuai ketentuan garansi, kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk memperbaiki kerusakan pada produk.
  5. Semua bentuk garansi hanya diperuntukkan bagi produk-produk xiaomi yang memiliki garansi resmi. Jadi untuk garansi distributor tidak termasuk.
  6. Apabila garansi xiaomi masih berlaku, kamu bisa klaim ke service center xiaomi di nomor telpon 08001401558, whatsapp 082117236765, sosial media xiaomi lainnya seperti instagram dan twitter, ataupun melalui situs resmi xiaomi di mi.co.id secara gratis.
  7. Selengkapnya kamu bisa cek di situs website resmi tentang informasi terkait garansi produk xiaomi.

Dari ketentuan dan kebijakan terkait garansi xiaomi bisa kita simpulkan bahwa hanya garansi resmilah yang mendapatkan pelayanan klaim garansi secara gratis tanpa biaya apapun.

Beberapa dokumen penting juga perlu dipersiapkan sesuai produk yang ingin diklaim garansinya. Pada hp xiaomi biasanya akan diminta kartu garansi, nota pembelian, imei, akun MI dan sebagainya.

Selain itu, kerusakan yang dialami pada sebuah produk baik itu elektronik, aksesoris, atau smartphone dengan brand xiaomi tidak semuanya bisa diperbaiki dengan mengklaim garansi.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui apakah garansi yang kamu miliki pada smartphone xiaomi kamu asli atau tidak.

Cara Cek Garansi Xiaomi Lewat Dusbook

cara cek garansi hp xiaomi

Bagi kamu yang ingin mengecek garansi hp xiaomi tetapi tidak memiliki nota pembelian atau kartu garansi karena tercecer dan hilang.

Maka kamu bisa mengambil dusbook atau kotak hp yang kamu dapatkan ketika membeli smartphone xiaomi pertama kalinya di konter dan marketplace online, lalu memperhatikan bagian bawah dus.

Adapun indikator yang bisa kamu jadikan acuan hp xiaomi tersebut asli atau tidak adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat tulisan dibuat di indonesia berwarna putih merah.
  2. Memiliki segel stiker pada setiap sisi bagian kiri dan kanan, terdapat barcode mi.com.
  3. Tertera 2 seri nomor IMEI.
  4. Beberapa angka serial number dibagian bawah barcode.
  5. Ada tahun dan juga bulan terbit hp tersebut dibagian pojok kanan bawah kotak.
  6. Diproduksi oleh PT. SAT NUSAPERSADA TBK.
  7. Mempunyai nomor model produk, nama barang, postel no, PLG ID, MKG dan PMKG.
  8. Selain itu berisi tentang spesifikasi smartphone xiaomi.

Silahkan cocokkan apakah indikator penentu di atas terdapat pada dusbook hp xiaomi kamu, Jika iya maka bisa dipastikan hp xiaomi tersebut adalah asli dan memiliki garansi resmi.

Cara Cek Garansi Xiaomi Melalui IMEI

cara cek imei xiaomi garansi tam

Sayangnya tidak semua pengguna hp xiaomi masih menyimpan dusbook, mungkin karena sudah terlalu lama membelinya hingga lupa dan kotaknya hilang.

Oleh karena itu kamu bisa mengecek garansi di hp xiaomi kamu melalui nomor IMEI. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka hp xiaomi kamu. (Jika memiliki dusbook sudah tertera nomor IMEI di bagian belakang).
  2. Lalu buka aplikasi panggilan telepon.
  3. Ketikkan angka *06#.
  4. Akan muncul informasi mengenai nomor IMEI, Jika menggunakan dual sim akan ada IMEI 1 dan IMEI 2.
  5. Catat imei tersebut lalu cek di website imei.kemenperin.go.id.
  6. Dengan begitu akan muncul pesan IMEI terdaftar di database kemenperin.

Apabila nomor IMEI terdaftar di situs website kemenperin, seharus nya IMEI tersebut juga sesuai dengan informasi mengenai IMEI di dusbook hp xiaomi.

Cara Cek Garansi Xiaomi via Online

cara cek garansi xiaomi online

Apakah IMEI pada kartu SIM hp xiaomi kamu sudah terdaftar di kemenperin? Jika tidak silahkan cek langsung melalui situs resmi xiaomi untuk mengetahui keaslian hp kamu.

Berikut bagaimana cara mengecek IMEI xiaomi resmi secara global atau tidak melalui situs website resmi terbaru :

  1. Pergi ke situs product authentication xiaomi.
  2. Salin nomor IMEI yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan cara di atas.
  3. Kemudian tempel ke kotak IMEI or S/N pada situs.
  4. Masukkan kode verifikasi sesuai gambar di samping.
  5. Lalu klik verify.
  6. Jika produk xiaomi teraktivasi dengan IMEI resmi. Maka smartphone kamu dijamin asli, akan tampil nama smartphone, seri mode, spesifikasi, dan juga pesan “Congratulations! You can be assured the phone you have purchased is the official international version.“.

Sekian beberapa metode cara cek garansi xiaomi, Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk melakukan klaim garansi, sisa masa berlaku, dan juga keaslian dari produk xiaomi tersebut.

Berapa masa garansi Xiaomi?

Garansi xiaomi tergantung pada produk yang digunakan apakah telepon genggam, tablet atau aksesoris dengan brand xiaomi.
Jika mengalami kerusakan wajar atau normal dan sesuai ketentuan terkait garansi xiaomi. Pihak xiaomi akan memperbaikinya selama garansi masih berlaku.
Untuk smartphone atau telepon genggam xiaomi, headshet dan perangkat keras bawaan memiliki masa garansi 15 bulan dan charger ataupun aksesoris bawaan 6 bulan. Selengkapnya bisa cek di situs resmi xiaomi mi.co.id atau melalui tautan yang telah kami sematkan di atas.

Apakah UBL Xiaomi menghilangkan garansi?

UBL (unlocked boot loader) adalah satu satu faktor kenapa garansi hp xiaomi kamu tidak berlaku, Jadi jika hp telah dalam kondisi UBL maka garansi akan hangus.